Semburan kecil di tengah Kolam Utama Penampung Lumpur

Dipublikasikan tanggal .

Fenomena cukup menarik terjadi di kolam utama penampung lumpur yang telah mengering. Muncul semburan berdiameter kecil yang mengeluarkan material lumpur dingin membentuk gelembung di atas permukaannya. Tinggi gelembung sekitar 50 cm dari permukaan tanah dengan diameter sekitar 1 meter. Semburan ini menyerupai gunung lumpur “Bledug Kuwu” yang ada di daerah Purwodadi, Jawa Tengah. Namun, semburan yang pertama kali diketahui oleh Deputi Bidang Operasi Bapel BPLS, Ir. Moch. Soffian Hadi, pada siang hari tanggal 7 Juli 2007, berukuran jauh lebih kecil dari ” Bledug Kuwu”.


















Gambar semburan kecil di kolam utama (kiri) dan “Bledug Kuwu” (sumber: http://mepow.files.wordpress.com/.../bledug-kuwu2.jpg) (kanan)


Pada saat yang bersamaan ditemukannya semburan di tengah kolam penampung lumpur, semburan lumpur panas menunjukkan fluktuasi intensitas kick yang tinggi. Berdasarkan pengamatan tinggi semburan saat itu mencapai lebih dari 2 meter. Semburan lumpur panas di Sidoarjo masih menunjukkan intensitas yang berfluktuatif dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.