Peresmian Embrio Museum GEOPARK LUSI

Dipublikasikan tanggal .

 

Peresmian embrio museum Geoparkyang berlokasi di sekitar semburan lumpur Sidoarjo, tepatnya di daerah Besuki bertujuan untukmeningkatkan pengetahuan seputar geologi. Dengan telah ditentukannya Lumpur Sidoarjo sebagai Geoheritege di Indonesia oleh Badan Geologi, KESDM, merupakan suatu modal dasar yang sangat bermakna untuk ditingkatkan menjadi suatu Geopark dengan alternatif Evolusi Lokal – Nasional – Global UNESCO.

 

 

LUSI (Lumpur Sidoarjo) Geopark adalah pemaknaan /doktrin pengelolaan suatu kawasan khusus. Dimana memadukan misi nasional pengendalian bencana kebumian LUSI terbesar dan satu – satunya di dunia dengan menyelaraskan keragaman Geologi (Geodiversity), Hayati (Biodiversity), dan Budaya (Culturediversity) serta kearifan lokal, melalui prinsip konservasi, edukasi dan pembangunan yang berkelanjutan (sustainable development) di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur Indonesia.

Suatu aktualisasi konsep Geopark yang umum :

Mempertimbangkan bahwa geyser LUSI sebagai bagian Geodiversity – Geoheritage utama, juga sebagai pengendali mekanisme bencana kebumian LUSI yang masih aktif, sehingga harus ada harmonisasi antara pengendalian bencana kebumian LUSI dan bersamaan mengembangkan Geopark. Sebagaimana arahan Ketua Dewan Pengarah Bapel – BPLS Menteri PUPR pada tanggal 28 Desember 2014, kedepan LUSI diarahkan menjadi Geopark, dengan situs utama Geyser LUSI. Analogi dengan semburan geyser yellow stone national park di USA, Fenomena semburan LUSI yang terbesar dan terunik di dunia sebagai laboratorium alam dan unggulan studi mud volcano di Indonesia dan Dunia.

Disamping itu pengembangan LUSI sebagai Geopark juga sebagai tindak lanjut Instruksi Ketua Dewan Pengarah Bapel BPLS 2016, yaitu yang relevan :

1. Pengamanan dan Penataan Wilayah di luar PAT yang telah menjadi bagian BMN ;

2. Pemahaman Komprehensif terhadap Postur Semburan Geyser Lusi yang satu-satunya di dunia dan kejadiannya masih menjadi kontroversi. Sangat ideal sebagai Laboratorium alam dan Unggulan Studi mud volcano di Dunia.

Deklarasi Tim Kecil Percepatan Pengembangan/Pembangunan Geopark LUSI

Sasaran strategis menjadi Geopark Nasional September 2017 dan didahului jangka pendek Geopark Lokal. Pada tanggal 22 Desember 2016 Prof.Dr. Hardi Prasetyo Plt. Kepala Bapel – BPLs diberi kepercayaan dan kehormatan oleh Ketua Tim Satgas Geopark Nasional, selaku Koordinator tim kecil untuk percepatan pengembangan Geopark Lumpur Sidoarjo sebagai calon Lumpur Sidoarjo (LUSI) Geopark.

 geopark