Plt. Kepala Bapel BPLS Menjadi Promotor Sidang Terbuka Promosi Doktor Fisika FMIPA

Dipublikasikan tanggal .

 

 

Disertasi : Pengembangan Metode Analisa data VLF-EM (Very Low Frequency-Electromagnetic) Dispersi Gelombang Rayleigh dan Resistivitas untuk Menilai Kestabilan Tanggul LUSI.
Oleh : Sungkono

Dari metode ini dapat mengetahui hasil pemetaaan struktur bawah tanah dengan melakukan interpretasi data yang telah didapat dan untuk mengetahui grafik dari data yang telah di dapatkan. Proses akusisi data dimulai dengan penentuan 3 line pengamatan dimana pada setiap line dilakukan pengukuran setiap 1m dengan jarak 50m.

 

 

Pada pengukuran ini digunakan alat-alat seperti satu set VLF-EM, meteran panjang untuk mengukur, satu buah GPS, Kompas, Stopwatch, dan Payung. Selanjutnya, data di olah dengan software Khlift. Hasil pengolahan berupa data kontur dengan sebagian besar dari tiap line berwarna kuning dan orange. Warna kontur ini dipengaruhi oleh adanya bangunan di sekitar wilayah pegukuran dan kandungan batuan di dalam tanah. Nilai data pengukuran berbanding lurus dengan jarak antara titik pengukuran dengan bangunan di sekitarnya. Hal ini menunjukan bahwa nilai pengukuran semakin kecil seiring berkurangnya titik pengukuan dengan bangunan. Dengan metode geofisika VLF-EM ini, dapat diketahui struktur bawah permukaan tanah.

(HLA – Humas dan Keamanan)

promosiDoktorFisikaFMIPA