Pulau Lumpur 94 hektar

Dipublikasikan tanggal .

Memori Pulau Lumpur 94 hektar, merupakan satu-satunya Pulau hasil Reklamasi harus dilakukan pada Kondisi Darurat dari suatu Bencana Kebumian mud volcano di Dunia. Geometri Pulau Lumpur dirancang agar aliran Lusi melalui wahana Kali Porong yang memiliki energi alami secara mandiri (tidak ada mekanisasi) dapat masuk ke sistem Palung Dalam (the deep trough) di Selat Madura. Sumber dari semburan Lusu yang sudah dditerima secara universal adalah satuan lempung dari Formasi Kelibeng atasi merupakan endapan delta Brantas Purba (paleo Brantras Delta). Sehingga pada tahun 2009 saya menyampaikan Pengaliran Lusi ke Laut ibaratnya "LUSI MUDIK ATAU PULANG KAMPUNG". Sehingga dapat diminimalkan dampak lingkungan yang mungkin terjadi.

 

Dr. Frida dari KKP mengambil program Doktor di Australia dengan topik Bakau di Pulau Lumpur, pada tahun 2016 menyatakan bahwa Reklamasi terbangunnya Puluau lumpur merupakan salah satu contoh "BAGAIMANA REKLAMASI YANG BERKELANJUTAN". KE DEPAN PULAU LUMPUR MERUPAKAN SALAH SATU PENDUKUNG ASPEK BIODIVERSITY DAN KEUNIKAL SERTA KEARIFN LOKAL UNTUK MENDUKUNG USULAN LUSI SEBAGAI GEOPARK. Saat ini Keberadaan Pulau Lumpur dengan WANAMINA bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam pekerjaan untuk menuju "Pembelajaran Bakau di Jawa Timur" dan sebagaimana Arahan DP BPLS telah tumbuh secara alami Green Tourism dan wisata bahari.

Pada Paparan di Komisi V DPR, Prof.Dr. Hardi Prasetyo selaku Plt Kepala BPLS telah menyampaiakan Tugu Aku Cinta Lingkungan di Tlocor, merupakan bagian dari Situs Bidodiversity Pulau Lumpur. Pada Seminar Nasional GeoPark diselenggarakan 25 Mei 2016, telah pula diperkenalkan Profil Lusi mud volcano sebagai salah satu kandidat GeoPark dengan peta jalan sasaran 2019. Pada pertemuan Diskusi Usulan GeoPark Lusi 12 November 2015 Plt Kepala BPLS telah mempresentasikan Rasionalisasi Usulan LuSi sebagai GeoPark Nasional.

pulau lumpur 1

Pada Kesimpulan, Dr. Junus selaku Ketua Satgas GeoPark KESDM/Nasional telah memberikan mandat kepada Plt Kepala BPLS untuk memulai langkah menuju Percepatan Lusi GeoPark. Selanjutnya dikukuhkan melalui surat terikat mandat Plt Ka BPLS untuk menggulirkan kesiapan Lusi sebagai GeoPark. Mudah-mudahan impiah Lusi GeoPark 2019 dengan didukung Pulau Lumpur dapat menjadi Realitas. (HP - AS DatInfo)