Perilaku Segelintir Masyarakat yang Menyebabkan Kerusakan Jalan

Dipublikasikan tanggal .

Guna memaksimalkan fungsi relokasi jalan arteri Siring – Porong, Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (Bapel BPLS), melaksanakan penyelesaian frontage road yang berada di sepanjang sisi kiri jalan tersebut. Sesuai dengan perencanaan, frontage road merupakan satu kesatuan dari relokasi infrastruktur jalan arteri Siring – Porong. Frontage road merupakan jalan pendukung dari jalan utama (main road). 

 

 

Pada akhir Desember 2013, frontage road arteri Siring – Porong telah lengkap terbangun sepanjang 9,5 km, sehingga relokasi jalan Siring – Porong secara keseluruhan juga telah selesai. Dengan telah berfungsinya relokasi jalan arteri Siring – Porong, kepadatan arus lalu lintas di jalan raya Porong (lama) telah berkurang. Saat ini telah banyak kendaraan yang memanfaatkan jalan baru tersebut. Mulai dari kendaraan kecil hingga yang besar-besar, seperti truck tronton.
Menurut pengamatan, tak jarang kendaraan besar dan truck-truck tronton tersebut parkir di frontage road, bahkan salah satu sisi rodanya bertengger di berm frontage road yang tidak direncanakan untuk menahan beban mati yang berat. Perilaku seperti ini dapat mengganggu fungsi dan tujuan pembuatan frontage road serta menyebabkan cepat rusaknya kontruksi jalan pendukung tersebut.
Humas BPLS menghimbau kesadaran para pengguna jalan, terutama kendaraan dengan muatan berat, agar tidak memanfaatkan frontage road sebagai tempat parkir karena tidak didesain untuk menahan beban mati yang berat. (ah/eds)

10-12-2013 10-44-51

10-12-2013 10-45-12