Relokasi Pipa PDAM Surya Sembada di Porong

Dipublikasikan tanggal .

Seiring dengan selesainya relokasi jalan arteri Siring – Porong, saat ini Badan Pelaksana Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (Bapel BPLS) melakukan pekerjaan relokasi pipa PDAM Surya Sembada Surabaya di Porong. Pipa PDAM yang mengalirkan air dari sumber air Umbulan – Pasuruan dan dari sumber Tamanan – Pandaan menuju Surabaya itu, semula posisinya berada di bawah jalan arteri Porong lama, berdekatan dengan tanggul pengamanan luapan lumpur Sidoarjo. Sebelumnya, pipa PDAM itu sering pecah dan bocor akibat pergeseran dan penurunan tanah, sehingga terancam fungsinya dan harus direlokasi.

 

Sesuai dengan rencana Pemerintah dalam penanggulangan lumpur Sidoarjo, untuk menjamin keberlangsungan pelayanan PDAM Surya Sembada Surabaya terhadap pelanggan, maka dilakukan langkah dengan merelokasi jaringan pipa yang sering pecah yang berada di bawah jalan arteri Porong lama ke wilayah yang lebih aman dari ancaman pergerakan tanah.

Jalur relokasi pipa PDAM dimulai dari Rumah Pompa Air PDAM di Gempol Lama kemudian mengikuti relokasi jalan arteri Siring – Porong hingga Candi, Kabupaten Sidoarjo. Pekerjaan yang dilaksanakan antara lain meliputi pembangunan pipa distribusi yang mengalirkan air dari mata air Umbulan dan dari sumber Tamanan – Pandaan dengan panjang ± 1,60 km mulai dari Rumah Pompa Gempol hingga relokasi jalan arteri Siring Porong, sepanjang relokasi jalan arteri Siring – Porong ± 6,85 km, dan dari relokasi jalan arteri Siring – Porong ke Candi sepanjang ± 6,35 km serta pemasangan pompa booster di Rumah Pompa Gempol beserta kelengkapannya. Diharapkan pekerjaan ini dapat diselesaikan pada akhir bulan Desember 2013. (ah/eds)

Relokasi PDAM