Uji Coba Jalan Arteri Baru (KETAPANG) Dan Flyover TANGGULANGIN

Dipublikasikan tanggal .

Setelah lebih dari setahun ujicoba jalan arteri baru Raya Porong pada tanggal 15 Maret 2012, maka pada tanggal 24 Juli 2013 telah dilakukan uji coba jalan arteri baru yang berada di Kel. Ketapang. Sebelum dibukanya jalur yang menuju Kel. Ketapang tersebut, kendaraan dari tol Sidoarjo yang ingin ke arah Tanggulangin harus keluar di exit tol lama (jembatan putul). Dengan dibukanya akses pembatas tol oleh Jasa Marga (selaku pengelola tol) maka kendaraan yang menggunakan tol dari arah Sidoarjo, bisa keluar ke arah tanggulangin melalui jalan arteri baru di Kel. Ketapang.

 Selain akses keluar tol yang mengarah ke daerah Tanggulangin dan Kota Sidoarjo, pengguna jalan yang berasal dari selatan (Malang, Pasuruan, dll) yang menggunakan arteri baru, untuk mengarah ke Tanggulangin bisa melalui flyover Tanggulangin. Uji coba dilakukan oleh instansi terkait antara lain Dishub Sidoarjo, Polres Sidoarjo, dan Jasa Marga.

Dari hasil uji coba yang dilakukan, secara umum infrastruktur yang ada cukup layak, seperti ketersediaan PJU dan rambu-rambu lalu lintas. Namun demikian, Dishub Sidoarjo memberikan arahan agar rambu-rambu bisa ditambahkan dan sebagian rambu harus ada yang dipindahkan untuk menambah keamanan pengguna jalan.

Uji coba penggunaan jalan arteri baru di Ketapang ini menyempurnakan kegiatan pembangunan relokasi jalan arteri baru yang dilakukan BPLS, dan telah di-FHO (Final Hand Over) pada akhir tahun 2012. Saat ini di jalan arteri baru masih ada pekerjaan pembangunan frontage/ jalur lambat. Jalur lambat itu sendiri diperlukan agar pengguna jalan yang berasal dari desa sekitarnya yang masuk ke jalan arteri baru, bisa memasuki frontage terlebih dahulu, sehingga keamanan pengguna jalan lebih terjamin.

Terpantau di jembatan Kali Porong jalan arteri baru (jalur Malang ke Surabaya) sedang dilakukan pelapisan aspal. Pelapisan aspal perlu dilakukan mengingat jembatan kali Porong merupakan salah satu infrastuktur yang pertama dibangun untuk mendukung pembangunan relokasi jalan arteri, sehingga sudah waktunya untuk dilakukan pengaspalan. Pengerjaan pengaspalan tidak menghambat arus lalu lintas. (HUMAS)

UjiCObaArteri